Friday, May 29, 2020

Keamanan Pada Jaringan WIFI

Assalamualaikum Wr. Wb.


Halo semua, disini saya akan berbagi materi singkat mengenai keamanan pada jaringan wifi/wireless. semoga bermanfaat ya.


  1. MAC Filtering
    Dalam jaringan komputer, MAC Filtering mengacu pada keamanan kontrol akses metode dimana alamat 48-bit ditugaskan untuk setiap kartu jaringan yang digunakan untuk menentukan akses ke jaringan. Alamat MAC yang unik ditugaskan untuk setiap kartu, sehingga dengan MAC filtering pada izin jaringan dan menolak akses jaringan ke perangkat tertentu melalui penggunaan blacklist dan Whitelist . Sedangkan pembatasan akses jaringan melalui penggunaan daftar sangat mudah, seorang individu tidak diidentifikasi oleh alamat MAC, bukan perangkat saja, sehingga orang yang berwenang akan perlu memiliki entri daftar putih untuk setiap perangkat yang ia akan menggunakan untuk mengakses jaringan.
    Sementara memberikan jaringan nirkabel beberapa perlindungan tambahan, MAC filtering dapat dielakkan dengan memindai MAC valid (melalui airodump-ng) dan kemudian spoofing seseorang MAC sendiri menjadi satu divalidasi. Hal ini dapat dilakukan di Windows Registry atau dengan menggunakan alat commandline pada platform Linux.
    MAC filtering juga digunakan pada jaringan nirkabel perusahaan dengan beberapa jalur akses untuk mencegah klien dari berkomunikasi satu sama lain. Jalur akses dapat dikonfigurasi untuk hanya memungkinkan klien untuk berbicara ke default gateway, tapi tidak klien nirkabel lainnya. Hal ini meningkatkan efisiensi akses ke jaringan

  2. WEP (Wired Equivalent Privacy)
    Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metode pengamanan   jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metode otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access point.

  3. WAP (Wireless Application Protocol)
    Wireless Apliccation Protokol disingkat WAP adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA.
    WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format text khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.
    Teknologi ini merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) dan berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.

  4. WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access -Pre Shared Key)
    WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key) adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa tidak semua access point akan mempunyai fasilitas yang sama dan tidak semua access point menggunakan cara yang sama dalam mendapatkan Shared-Key yang akan dibagikan ke client.

  5. WPA2
    WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.



Sekian materi singkat yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat, Terima Kasih.



EmoticonEmoticon